Apakah STATISTIKA itu?

2 08 2007

Seringkali ada pertanyaan dari teman2 non-statistika: Apa seh statistika itu? Apa …aja yang dipelajari di kuliahmu?Ngitung rata-rata ya?…hehheh. Atau ada juga yang mengatakan,”Kamu jurusan “statitik” ya?(yg benar adalah statistika, krn ’statistika’ dan ’statistik’ itu berbeda arti lo. )

Pertanyaan itu wajar sekali muncul, karena memang statistika kurang begitu populer bila dibandingkan dengan kedokteran, teknik elektro,ilmu komputer,ilmu ekonomi,dll.Tapi, bukan berarti ilmu statistika itu gak penting lo. Ilmu pengetahuan belakangan ini mengalami ledakan perkembangan. Misalnya orang kedokteran bisa menemukan obat bagi suatu penyakit tertentu,orang teknik sipil bisa membuat jembatan yang kokoh dan megah,orang2 pemerintahan bisa memetakan kemakmuran penduduknya,dll. Tapi tau gak seh, gimana caranya seorang penemu obat bisa menentukan mana obat yang paling mujarab untuk suatu penyakit tertentu, atau seorang teknik sipil bisa tau mana campuran bahan yang paling bagus digunakan untuk membangun jembatan?Yup…mereka sebelumnya harus melakukan percobaan terlebih dahulu.Di dalam percobaan itu, mereka mengumpulkan data, kemudian melakukan analisis terhadap data serta menyimpulkan dan mengambil informasi yang berharga dari analisis data yg dilakukan. Nah, disinilah peran statistika.

kalo gak salah, seingat saya waktu kuliah, dosen saya pernah mengajarkan: Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara mengumpulkan data, mengolah data serta mengambil kesimpulan dari pengolahan data.

jadi, dengan begitu,statistika juga memiliki peranan penting dalam menyokong perkembangan ilmu pengetahuan lainnya. Itulah mungkin kenapa, statistika juga diajarkan di jurusan2, yg kelihatannya gak ada hubungannya dengan statistika.


Aksi

Information

13 responses

29 08 2007
rohman

ada statistik ada data , jadi kalo gak ada data berarti bukan statistik. tul ato gak tul, tapi tul aja lah

30 08 2007
Deny

yup, kayaknya bisa dibetulkan,heheheh.
Coz, gimana kita mau mengambil keputusan kalo gak ada informasi, so gimana kita bisa menerapkan statistika kalo gak ada data…

thanx mas!

30 10 2007
myo

kalo ga ada statistika,,,
semua data bakalan berantakan,ga ada kesimpulan ga bisa diambil keputusan,,

maaf mas,ga nyambung…

4 02 2008
pungki

Mas, makasih udah sharing tentang statistika.
Nah kebetulan nih..saya pengen banget ngerti tentang statistika tapi untuk biologi. Saat ini saya sedang ambil program master bidang biologi di belanda. Nah salah satu mata kuliah wajibnya ada hubungannya dengan statistika. Berhubung jaman waktu kuliah saya gak jago2 amat di mata kuliah biostat dan itu udah lebih dari 5 tahun y.l dan gak pernah dipake sama saya. maka saya akui saya kesulitan untuk mengingat dan memahami dasar2 statistik.
Kalau boleh saya ingin konsultasi konsep statistik dan penggunaan program R (di belanda hampir semua analisis statistik menggunakan program R)

terima kasih.

oh ya kalau boleh request posting di blog mengenai konsep ANCOVA, multiple regression dan GLMs(General Linear Models)

13 03 2008
dhanie

#1
asl, mas mo tanya apa yang membedakan data yang menyebar normal dan tidak?

maksih…

18 03 2008
Deny

Respon untuk #1
Cara yang paling mudah membedakan data yang menyebar normal dan yang tidak adalah dengan pemeriksaan secara visual. Untuk data yang menyebar normal, bentuk histogram nya adalah setangkup (seperti bukit yang simetris). :)

20 04 2008
Mukhlis

#2
Walo du jurusan saya jga diajarkan MK Statistika, namun saya kurang bisa memahaminya dgn jelas. Dgn kata laen, saya kurang menangkap logikanya. Apakah karna saya kurang pandai dlam matematika dan hitung-hitungan?. Apakah dua disiplin tu memang berhubungan? Apakah, supaya pandai dlm statistika harus trampil menghitung?

Bagi saya, rumus statistika sangat rumit. Ditambah lagi kesulitan dlm menjabarkan rumus tsb dan bagaimana formulasinya.

Thanks!

22 04 2008
Deny

Respon untuk #2
Jujur neh mas, saya juga gak hebat2 amat dalam matematika. Mungkin lebih jago Anda daripada saya dalam matematika. Memang, matematika adalah background dari statistika, namun statistika lebih mengarah ke terapannya, jadi gak terlalu banyak ngitung, apalagi sekarang banyak software2 statistika yang powerful, seperti software R yang saya gunakan ini. Jadi, gak perlu bingung2 dalam menghitung.
Saya gak tahu pasti jawaban untuk pertanyaan “ Apakah, supaya pandai dlm statistika harus trampil menghitung?” Hal ini disebabkan karena saya belum pandai statistika. Saya masih dalam taraf belajar statistika. Namun menurut saya, karena jaman sekarang hitung menghitung dapat dilakukan dengan software, maka yang lebih penting adalah pemahaman konsep dan logika dari statistika.
Ya, rumus statistika memang rumit, saya sendiri kadang2 pusing.
Oh ya, kalau Anda intens dalam mempelajari statistika, sebenarnya statistika itu gak jauh2 dari 2 hal saja, yaitu ilmu peluang (probalility) dan statistika matematika. Kalaupun Anda males dengan kedua hal tersebut, ada cara yang lebih mudah untuk belajar statistika, yaitu Anda gak perlu tau cara ngitung dalam statistika. Yang Anda perlukan hanyalah paham tentang apa itu uji hipotesis, uji-t, uji-F, p-value dan kapan suatu metode dapat diterapkan. Karena hampir semua metode statistika ujung2 nya juga membahas ini. :)

4 05 2008
darkbahamut

wahh jadi ingat kampus (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) ..

Menurut gw Statistik itu “ALAT”
analogikan aja dgn “sesendok sayur sop sudah cukup untuk mengetahui sayur sop Satu Panci”

ehh jgn lupa Statistik juga bisa berarti
“Pembohong Ulung” atau bisa juga “Pembongkar Kebohongan yang Jitu”

8 09 2008
Hokky

#4
met sore mas saya hokky mahasiswa di ubinus saya baru masuk perkuliahan dan saya lasung belajar mengenai statistika, saya ingin menanyakan, pokok-pokok dasar dalam memahami statistika itu apa???

9 09 2008
puti

#3
saya lagi bingung neh(ato emang ndak ngerti), ama “bos” disuruh meneliti “pengaruh memasuki sekolah dasar (SD) pada usia dini terhadap prestasi belajar”
latar belakang :
(1) sekolah kami fullday (max 40 org/tahun ajaran) ada beberapa yang memasuki sekolah pada usia dini (dibawah 6 th)
(2) data yang sudah saya peroleh : nilai seluruh mata pelajaran persemester (dari raport) pada siswa yang sudah menjalani proses belajar 4-6tahun
pertanyaannya :
(1)kalo siswa yang memenuhi kriteria cuma 5-7 orang per kelas bisa ndak dijadikan sample
(2)kalo “bisa”aku harus pake metode statistik apa neh
(3)trus, bisa ndak diketahui hasil perbandingan antar kelas yang di uji
(4) dulu aku pernah dengar tentang aplikasi komputer SPS (bhs Indonesia) apa itu bisa di pakai untuk kasus ini?

maap ya mbak,mas kalo istilah yag di pake ndak cocok, maklum dah 13 taon ndak kuliah, tempo doeloe kenal statistik cuma untuk uji angket skripsi saja, jadi untuk tugas ini aku betul-betul ndak tau harus mulai dari mana.

tolong ya mbak,mas n trimakasih sebelumnya.

17 09 2008
Deny

Respon untuk #3
1. Bisa saja, sampel itu tidak harus banyak ataupun sama dengan grup yang lain. Kecuali untuk metode statistika tertentu.
2. Apakah peneltian Anda bertujuan untuk membandingkan prestasi siswa yang masuk sekolah saat usia dini dengan yang tidak? Kalo ya, bisa digunakan metode uji-t 2 sampel independen.
3. Saya tidak berani menyimpulkan apakah bisa membandingkan antar kelas. Sebab, syarat agar sesuatu itu bisa diperbandingkan adalah keduanya harus setara dan sebanding.
4. Saya belum pernah dengan software aplikasi statistika bernama SPS pa lagi pake bhs Indonesia. Kalo SPSS saya pernah dengar, dan merupakan salah satu software paling powerful dan populer di dunia. Kalo benar SPSS yang Anda maksud, maka SPSS insya Allah bisa dipakai.
5. Jangan kuatir, nyantai aja. :)

17 09 2008
Deny

Respon untuk #4
Pokok-pokok dasar dalam memahami statistika adalah apa yang disebutkan dalam definisi statistika, yaitu: ilmu yang mempelajari cara memperoleh data, mengolahnya dan mengambil kesimpulan dari data yang diperoleh. Jadi, pelajari aja metode survey dan teknik sampling, pelajari juga statistik-statistik uji dalam statistika (kapan digunakan) dan cara interpretasinya. Itu aja. :)

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 92 pengikut lainnya.

