Dari Variabel Indikator Menjadi Variabel Laten

4 02 2008

Dalam penelitian bidang sosial, seringkali seorang peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner (questionaire). Kuesioner digunakan untuk mendapatkan informasi dari responden. Pada banyak kasus bidang sosial, kuesioner digunakan untuk mengukur suatu variabel yang tidak dapat diukur secara langsung. Variabel semacam itu biasa disebut sebagai variabel laten. Beberapa contoh variabel laten adalah KEPUASAN konsumen, MOTIVASI, KINERJA dan lain sebagainya. Untuk dapat mengukur variabel yang tidak dapat diukur secara langsung tersebut, kita perlu menggunakan suatu variabel indikator. Biasanya, variabel indikator berbentuk item-item pertanyaan. Dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari variabel indikator, kita dapat membentuk sebuah variabel laten. Apabila variabel laten belum dibentuk atau ditetapkan dari variabel indikator, kita tidak dapat melanjutkan pekerjaan kita pada tahap analisis data.

Tulisan sederhana ini dibuat dengan tujuan agar dapat memberikan gambaran tentang bagaimana membentuk variabel laten dari variabel indikator. Pembaca perlu memperhatikan bahwa data pada variabel indkator pada contoh-contoh dalam tulisan ini diasumsikan bertipe interval (menggunakan skala likert). Teknik-teknik dalam tulisan ini tidak tepat jika diterapkan pada tipe data nominal atau ordinal.

Dalam kesempatan kali ini, penulis memberikan 3 teknik pembentukan variabel laten dari variabel indikator. Tentunya, pembaca diberi kebebasan untuk memilih mana teknik yang paling tepat dan termudah untuk dikerjakan. Ketiga teknik itu adalah: total, rata-rata dan korelasi terkuat.

Tulisan selengkapnya beserta contoh aplikasinya dapat didownload di sini (klik kanan kemudian ‘Save Link As…’


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: