Rata-rata, Median dan Modus

2 08 2007

Setidaknya ada tiga statistik yang sering sekali digunakan, yaitu..

  1. Rata-rata -> jumlah data dibagi banyaknya data. Rumus: Rata = jumlah data/banyak data. Contoh: terdapat data: 1,5,4,3,2 . Maka rata-ratanya adalah: Rata = (1+5+4+3+2)/5 = 3
  2. Median -> nilai tengah data setelah data diurutkan. Contoh: Banyaknya data ganjil ==> 1,5,4,3,2. Untuk mengitung median, data diurutkan menjadi: 1,2,3,4,5. Nila tengah data terurut adalah 3 = median.
    Banyaknya data genap ==> 1,5,4,3,2,6. Data terurut: 1,2,3,4,5,6. Nilai tengah data berada di antara data ke-3 dan data ke-4, sehingga median= (3+4)/2 = 3.5
  3. Modus -> nilai/data yang paling sering muncul. Contoh: Data = 1,2,1,1,2,2,7,2,3,5,6,2,2,4. Modus adalah 2, karena angka 2 adalah angka yang paling sering muncul.

Contoh data dan terapannya dapat didownload  di sini.

(Klik kanan  tulisan biru, kemudian pilih ‘Save Link As’)


Aksi

Information

6 responses

6 11 2007
john

Mas kalo bisa dengan contoh penggunaan dari ke-3 statistik ini, bilamana kita menggunakan Rata-rata, median dan modus, thanx

8 11 2007
Deny

Jawaban untuk John-6 Nov 2007-12:10 pm.
Ok, insya Allah saya buatkan contohnya. Doakan dan tunggu aja ya mas.
Thanx atas responnya.
🙂

10 11 2007
Deny

Sudah saya buatkan contoh data dan penerapannya Mas John.
Silahkan didownload.gratis kok,heheheh…
🙂

10 09 2008
arviano

#2
Nah… dari pengetian di atas saya belum ngerti betul;
nah saya mo tanya neh? jika kita ingin menilai sesuatu obyek dengan angka statistik: misalnya ada dua orang yang ingin yang dibandingkan potensi dirinya, ada beberapa kasus orang sering membandingkan dengan rata-rata tapi menurut saya hal itu kurang pas untuk masalah tertentu: misalnya:
– si A; memiliki nilai 25, 25, 50 maka hasil AVG-nya = 33,33 Modus: 25
– si B; memiliki nilai 40, 40, 20 maka hasil AVG-nya = 33,33 Modus: 40

Nah menurut anda bagus mana? kita menggunakan modus atau rata-rata?

12 09 2008
Deny

Respon untuk #2
Ok, pertanyaan yang bagus.
Begini Mas Arviano, kalo kita pingin membandingkan kemampuan 2 orang tersebut berdasarkan nilai mereka, maka cara yang ditempuh tidak cukup hanya dengan membandingkan nilai rata2 nya saja, akan tetapi kita harus juga pakai informasi lainnya (statistik lain) yaitu standar deviasi. nah, metode yang paling tepat adalah uji t 2 sampel independent.
Tentu saja, saya tidak menjawab mana yang paling tepat diantara pake rata2 dan modus seperti yang Anda tawarkan, karena pilihan2 yang Anda berikan kurang tepat untuk kasus tersebut. Ada seh, tapi nyaris, heheheh, yaitu pake rata2. Konsep dasarnya memang kita membandingkan nilai rata2 diantara 2 orang tersebut. Tapi kenapa saya katakan pilihan yang Anda berikan kurang tepat, karena Anda tidak memberikan pilihan lain (standar deviasi). Gitu maksud saya.
Heheheh
🙂

24 11 2008
tea.hunt

makasih ya kak,,, karena blog ini, saya bisa ngerjain tugas saya….tengkyu

Tinggalkan komentar